Selasa, 24 Juni 2014

MAKALAH ANALISA WEBSITE Mata Kuliah: Interaksi Manusia dan Kompter



MAKALAH ANALISA WEBSITE
Mata Kuliah: Interaksi Manusia dan Kompter












Di Susun Oleh :
Rina Yuanita
2 B
113223059

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA
DAN KOMPUTER
(STMIK YADIKA BANGIL)
2014

1 1.      Halaman Home




1.1.Header
Di halaman header  bagian atas dengan background biru tua dan logo SMKN 1 Bangil itu dapat mempertegas sebuah header yang akan menonjolkan tentang sekolah tersebut meskipun terlalu simple tanpa adanya sebuah animasi dan hiasan lainnya.
Dan terdapat tampilan slide foto yang menunjukan koleksi foto dari aktivitas yang ada di SMKNESABA itu akan membari kesan menarik oleh pembaca web lewat sebuah foto sekilas tentang SMKNESABA, dan contohnya gambar di atas siswa sedang mengerjakan ujian nasional  yang bertuliskan THE STORY OF UNAS SMKNESABA 2014 dengan efek foto yang ada gelembung seperti busa , logo dan tulisannya menunjukkan logo SMK N 1 bangil. Warna pada header menonjolkan warna biru, karena  SMK  Nesaba terkesan dengan warna biru.
1.2. Background
Beckground yang di gunakan pada menu utama yaitu brosur tentang penerimaan siswa baru, yang jelas menggambarkan tentang kompetensi keahlian, persyaratan pendaftaran, alur pendaftaran dan waktu pedaftaran, dengan design yang dinamis, elegan, dan modern dengan menggunakangradient warna yang sangat dinamis bahkan bentuk dari background tersebut sangat simple dan jelas untuk di baca oleh pembaca brosur tsb.




1.3.Tool Bar


       Tool bar pada halaman pertama terletak di halaman utama header , apa bila di klik pada submenu dropdown akan muncul sub menu yang lebih lengkap, jika di klik akan muncul halaman informasi yang lebih lengkap sesuai menu yang akan di pilih. Design tool bar amat sangat simple dan cenderung terlihat sangat kecil pada halaman utama web tersebut mungkin menggunakan font yang kecil akan membuat si pembuka web akan kesulitan menemukan toolbar tsb.

1.4.Menu bar

Menu bar terletak di bawah header , dan apa bila di klik akan muncul informasi lebih lengkap  sesuai dengan nama menubar yang di pilih. Dan disitu terdapat menu yang berbackground biru muda, itu adalah menu special yang di tunjukan olah developer untuk mempertegas sebuah link menubar.





         1.5.Footer

Footer menampilkan sebuah link-link pendukung untuk dibuka oleh user, link yang apa bila kita klik, akan menuju ke alamat link yang dituju. Contoh jika kita mengklik PADAMU NEGERI kita akan menuju ke alamat link http://padamu.siap.web.id/.



            1.6 Frames
                  Di sebelah kanan sebuah background terdapat Frames yang berisikan agenda atau kegiatan yang ada di sekolah selanjutnya, termasuk sebuah aktivitas yang akan selalu di update dan di posting oleh para pembuat web tsb.

           
1.7 Alamat link website
     
      Alamat link website ini juga terletak di footer, jelas sekali menunjukkan alamat sekolah dan alamat website sekolah SMKN 1 Bangil.

 



1.8  Blank Space

      Blank space di isi oleh link yang mengetahui seputar tentang web / situs SMKNESABA

2. Tentang
“Tentang” merupakan salah satu halaman pada smkn1-bangil.sch.id yang muncul ketika user memilih menu salah satu submenu Tentang SMKNESABA pada Menu bar. Interface pada halaman ini sama saja dengan halaman home, tidak ada perubahan yang signifikan.




           

2.1 Main Area
                        Di Main area terdapat sebuah postingan Visi dan Misi dari SMKN 1 Bangil.




 




2.       Pendaftaran
            2.2 interface menu

            Terdapat sebuah informasi waktu pendaftaran penerimaan siswa baru.

              
                 


2.3 Urutan menu

merupakan urutan menu yang tampil setelah melihat submenu “pendaftaran” pada toolbar urutan menu ini merupakan link yang akan mengakses kepada informasi seputar pendaftaran penerimaan siswa baru.

                 
4 . Akademik
            Submenu ketiga yang menampilkan sebuah akademik yang ada di SMKN 1 Bangil.
                  4.1 Main menu
Sebuah informasi dari submenu Kurikulum yang memuat banyak bacaan yang berisikan tentang pembelajaran di SMKN 1 Bangil, main menu ini terlalu membosankan karena terdapat bacaan panjang yang terlalu formal bagi user.




                  4.2 Urutan menu

                  Susunan menu juga berbeda pada  menu “Tentang” pada halaman HOME. Seharusnya urutan menu ini disamakan agar tidak membingungkan user. Untuk pilihan menu Halaman Muka sudah sesuai jika diletakkan pada posisi paling atas karena fungsinya sama dengan tombol HOME jika dalam website Bahasa Inggris. Urutan menu sebaiknya diurutkan berdasarkan prioritas tertentu, sedangkan di website ini menunya tidak urut berdasarkan prioritas tertentu, baik abjad, tingkat kepentingan dan sebagainya.



5. Prestasi
                  5.1 Main menu
main menu di submenu “Prestasi” tidak jauh beda dari submenu-submenu lainnya, bahkan di post ini terjadi kesalahan karena foto yang seharusnya dapat di tampilkan menjadi gambar kosong yang tidak menyenang bagi para user.



                  5.2 Urutan menu
                  Urutan menu ini tidak jauh berbeda dari submenu “akademik” hanya saja lebih banyak menu untuk dipilih. Mungkin terlalu amburadul karena menu tersebut tidak di tampilkan secara berurutan dari hasil prestasi yang ada di SMKN 1 Bangil.

                 
6. Evaluasi umum
                  6.1. Efektivitas: kelengkapan dengan mana pengguna mencapai tujuan mereka.
                  Secara keseluruhan web ini termasuk web yang simple dan bukan termasuk web yang rumit untuk si user, mungkin karena web ini hanya untuk pengenalan dan informasi tentang sebuah sekolah yaitu SMKN 1 Bangil.


                  6.2. Kemudahan belajar bagi pengguna pemula
                        Di Lihat dari interface web ini memiliki interface yang sederhana, dan dapat mudah di pahami. User bisa dapet dengan mudah mengoprasikan dalam website ini.

                   6.3. Penggunaan system
                        Bagi pengguna yang mengutamakan informasi tentang SMK Negeri 1 bangil ini tentunya website ini sudah memberikan informasi yang sangat lengkap, mengenai informasi yang tebaru dan ter update setiap harinya.

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger Templates